Breaking News

Selasa, 13 Desember 2016

Bahan Ajar



Bahan Ajar
Bahan ajar adalah susunan bahan yang berasal dari sumber-sumber belajar dan disusun secara sistematis. Menurut Prastowo (2012:17), bahanajar adalah segala bahan (informasi, alat, maupun teks) yang disusun secara sistematis, yang menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dan digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan perencanaan dan penelaahan media pembelajaran.

Misalnya, buku pelajaran, modul, handout, LKS, model atau maket, bahan ajar audio, bahan ajar, dan sebagainya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “interaktif” mengandung arti bersifat saling melakukan aksi atau antarhubungan atau saling aktif.
Bahan ajar interaktif dapat dimaknai sebagai bahan ajar yang bersifat aktif dengan desain tertentu agar dapat melakukan perintah balik kepada pengguna (siswa) untuk melakukan aktifitas sehingga siswa terlibat interaksi dua arah dengan bahan ajar yang sedang dipelajari.

Secara garis besar langkah-langkah inti (skenario inti) pembelajaran dalam menggunakan bahan ajar buatan guru dapat dirancang sebagai berikut:
(1)    Peserta didik menerima bahan ajar dari guru
(2)    Peserta didik menerima penjelasan tentang bahan ajar dan cara penggunaannya
(3)    Peserta didik membaca bahan ajar dengan cermat
(4)    Peserta didik mengajukan pertanyaan jika ada bahan ajar yang kurang dipahami.
(5)    Peserta didik melakukan kegiatan seperti yang diarahkan oleh bahan ajar
(6)    Peserta didik menerima pembinaan, bantuan, bimbingan, dan arahan dari guru secara individual atau kelompok
Pada saat peserta didik membaca bahan ajar, pendidik telah melakukan observasi terhadap aktvitas peserta didik. Pada saat observasi dilakukan akan terlihat peserta didik yang lambat, sedang, dan cepat dalam belajar. Mereka yang lambat dapat dibimbing secara individu, mereka yang sedang dibiarkan berjalan normal, dan mereka yang cepat, jika selesai sebelum waktunya, akan mendapat bahan ajar berikutnya (mungkin bahan ajar kompetensi dasar selanjutnya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog